Home Bandung Asli Kontribusi Ekonomi Kreatif 2016 Diprediksi Serap 12 juta Tenaga Kerja

Kontribusi Ekonomi Kreatif 2016 Diprediksi Serap 12 juta Tenaga Kerja

972
1
SHARE

BANDUNGHIJI – Ketua Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Yaser Palito menyatakan kontribusi sektor ekonomi kreatif terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) diperkirakan dapat tembus 8 persen dari keseluruhan PDB di tahun 2016.

“Tahun ini saja kontribusinya sekitar 7,5 persen. Tahun depan kita perkirakan tembus 8 persen, di atas ekspektasi pemerintah yang masih sekitar 7,5 persen lagi,” terang Yaser Palito melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (13/12/2015).

Perkiraan tersebut berdasar pada perkembangan industri kreatif di Indonesia yang diperkirakan bakal tumbuh secara signifikan pada tahun depan.

Penyebab pesatnya pertumbuhan sektor ini adalah karena animo dan antusiasme para pekerja muda usia produktif. Dimana sektor ini merupakan lapangan kerja dan usaha yang mereka sukai. Apalagi saat ini ekonomi kreatif di Indonesia makin tumbuh dan berkembang menjadi sektor ekonomi yang memiliki peranan strategis bagi perekonomian. Sedangkan pada tahun 2014 berkontribusi 7,1 persen terhadap PDB nasional, menyerap 12 juta tenaga kerja dan berkontribusi bagi perolehan devisa 5,8 persen.

“Meski kinerja sektor lain seperti komoditas dan pertambangan menurun, namun sektor kreatif tetap mengkilap tahun depan. Sektor ini juga terbukti cukup kuat menopang perekonomian meski terjadi pelemahan pertumbuhan ekonomi yang terjadi sejak awal tahun,” terangnya.

Oleh karena itulah Ketua Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Hipmi ini meminta agar pemerintah memberi perhatian khusus kepada sektor industri kreatif pada 2016 nanti. Dimana saai ini Indonesia mengalami kelemahan kinerja ekspor yang berbasis komoditas sumber daya alam, sedangkan sektor ekonomi kreatif menyimpan potensi industri yang sangat besar sebab berbasis kreativitas dan inovasi.

Sektor ekonomi kreatif berada di posisi ke-4 dari 10 sektor ekonomi dalam kategori jumlah tenaga kerja, atau menyumbang 11.799.568 orang atau 10,65 persen pada total angkatan kerja nasional yang sebesar 110.808.154 orang.

Ia memperkirakan, tahun depan sektor ini akan masuk dalam lima besar penggerak ekonomi nasional. Selama ini sektor ekonomi kreatif menempati posisi ketujuh dari 10 sektor ekonomi nasional dengan menyumbang PDB senilai Rp573,89 triliun dari total ekonomi nasional. (ABY/ON)

Comments

comments

1 COMMENT

  1. Today, I went to the beachfront with my kids. I found a sea shell and gave it to my 4 year old daughter and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She placed the shell to her ear and screamed. There was a hermit crab inside and it pinched her ear. She never wants to go back! LoL I know this is completely off topic but I had to tell someone!|

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here