Home Bandung Asli Inilah Empat Provinsi Ini Rawan Kelangkaan BBM

Inilah Empat Provinsi Ini Rawan Kelangkaan BBM

458
0
SHARE

BANDUNGHIJI – Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), IGN Wiratmadja mengatakan bahwa Sumatera Selatan, Lampung, Jambi dan Bangka Belitung memiliki stok kuota BBM yang dibawah rata-rata nasional.

Seperti yang dikutip dari situs esdm.go.id, dalam acara Koordinasi dan Supervisi Sektor ESDM yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini Wirat menjelaskan bahwa Sumatera Selatan hanya memiliki 15 hari ketahanan stok premium, dan 13 hari ketahanan stok solar.

“Lampung memiliki 12 hari ketahanan stok premium dan 17 hari ketahanan solar. Nilai ini masih tergolong baik jika dibandingkan dengan keadaan yang terjadi di Jambi dan Bangka Belitung. Bangka Belitung hanya memiliki 10 hari ketahanan premium, namun ketahanan solarnya cukup baik yaitu selama 23 hari,” kata Wirat.

Yang sangat mengkhawatirkan adalah ketahan stok premium dan solar di Bangka Belitung yang stok premiumnya hanya bertahan 6 hari dan stok tangka solarnya hanya bertahan 5 hari.

Dari ke empat daerah tersebut seluruhnya masih dibawah rata-rata ketahanan stok tangki nasional sebesar 22 sampai 27 hari dan ditargetkan dalam beberapa tahun kedepan mencapai 30 hari.

“Sehingga kalau ada kondisi-kondisi emergency segera bisa tertangani,” jelas Wirat.

Wirat menghimbau, para pemimpin daerah segera ikut berpartisipasi mengatasi masalah ini dengan membantu penyediaan lahan untuk pembangunan Depo.

Sedangkan Pemerintah dalam hal ini Kementerian ESDM akan bekerja sama dengan Pertamina untuk membangun tangka-tangki nya.

“Ibarat nenek moyang kita dulu membangun lumbung, jadi kita perlu membangun lumbung-lumbung energi ini,” tutur nya.(rmn/mgs/bhj)

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here