Home Bandung Asli Kisah KM “0” Bandung, Sejarah Jantung Kota Bandung

Kisah KM “0” Bandung, Sejarah Jantung Kota Bandung

180
0
SHARE
Tugu KM "0" disinilah Kota Bandung dimulai /Omes Andi/BDGHIJI

BANDUNGHIJI – Banyak yang tidak tahu titik KM ‘0’ Kota Bandung. Tapi tak apa-apa yang jelas kalau ke Bandung banyak yang suka asal sudah ke Bandung. Dan Bandung memang menarik.

Tapi tak ada salahnya kita kenal KM “0” Ikuti kisahnya dan Foto-fotonya dari Andi Omes yang menyusuri kota Bandung.

Jika kita tahu soal dimana KM “0” disebuah kota itulah yang sebaiknya kita susuri. Disetiap kota pasti memiliki titik nol dengan semua cerita menarik dibaliknya.  Kalau Anda ke Sabang maka KM 0 Indonesialah adanya di Aceh sana. makanya disebut selalu dari Sabang sampai Mearuke.
Tugu KM “0” disinilah Kota Bandung dimulai /Omes Andi/BDGHIJI

Nah di Kota Bandung, titik nol adanya di pusat kota yaitu  di Jalan Asia Afrika. Tepatnya di halaman muka Gedung Bina marga (PU) atau seberangnya  ada hotel Savoy Homann. Tak jauh dari situ ada hotel Preager dan beberpa meter ada Gedung Konferensi Asia Afrika (Gedung Merdeka).

Tak tinggi monumen KM “0” Bandung itu hanya 1 meter kurang mungkin tapi sejarah panjang perkembangan kota Bandung , karena titik 0 ini dianggap sebagai titik sentral pembangunan Bandung.
Ada sedikit cerita di balik Titik Nol Bandung. Di masa lalu ketika Belanda masih menguasai sebagian besar wilayah Indonesia , Gubernur Jenderal Belanda , Mr . Herman Willem Daendels memerintahkan pembangunan 1000 km dari jalan utama, termasuk Jalan Pos di London yang kini telah berubah nama menjadi Jl. Asia dan Afrika.
Tugu KM “0” disinilah Kota Bandung dimulai /Omes Andi/BDGHIJI

Ketika mengunjungi Bandung dan Bupati Bandung Daendels , Wiranatakusumah II ; meresmikan jembatan Cikapundung , kemudian Daendels berbicara dalam bahasa Belanda , ” Usahakanlah , jika aku kembali , di sini telah dibangun sebuah kota ” . Perkataan Dandels ini konon dilakukan sambil memasukkan tongkat di suatu titik , yang akhirnya disebut sebagai Titik Nol Bandung . Dari sini juga , berkembang gagasan bahwa Titik Nol Bandung adalah titik balik dalam pengembangan Kota Bandung.

Di jalan Asia Afrika itu memang banyak sejarah tidak hanya titik 0 tapi ada juga gedung De Grote Postweg dikelilingi oleh kemewahan dan gaya Art Deco bersejarah, seperti Gedung Merdeka Afrika atau Museum Asia Afrika. Lalu ada The Majestic Braga , sebelumnya dikenal sebagai bioskop Asia Afrika Cultural Center, ada gedung YPK tempat lahirnya sejumlah seniman kondang Indoensia.
Jadi siapa saja yang Kota Bandung Anda tak salah kok lihat  titik 0 Bandung. Ayo kapan mau ke Bandung…? |OMES/dbs/BHJI

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here