Home Bandung Asli SIAPA CALON BUPATI PILIHAN WARGA KABUPATEN BANDUNG?

SIAPA CALON BUPATI PILIHAN WARGA KABUPATEN BANDUNG?

407
0
Tiga Pasangan yang akan bertarung di Pilkada Kabupaten Bandung/ist

by Tarmidzi Yusuf
Pegiat Dakwah dan Sosial

Insyaallah hari Rabu, 9 Desember 2020 bakal digelar pilkada serentak di seluruh Indonesia. Salahsatunya di Kabupaten Bandung.

Ada tiga pasangan calon yang ikut kontestasi Pilkada Kabupaten Bandung. Pasangan nomor urut 1 Hj. Kurnia Agustina berpasangan dengan Usman Sayogi. Taglinenya NU PASTI. Pasangan nomor urut 2 DAHSYAT, Yena Iskandar Ma’soem – Atep. Terakhir pasangan nomor urut 3, Dadang Supriatna dan Sahrul Gunawan atau BEDAS.

Berdasarkan hasil rilis survei Poldata yang digelar kemarin, 3 Desember 2020. Calon Bupati Bandung pilihan warga Kabupaten Bandung pada Pilkada 9 Desember masih ditempati pasangan NU PASTI dengan perolehan suara tertinggi.

Pasangan NU PASTI menempati posisi teratas dengan perolehan suara 40,91%. Pasangan BEDAS memperoleh 35,03%. Sedangkan pasangan DAHSYAT hanya memperoleh 10,93%. Sebanyak 13,13% pemilih merahasiakan pilihannya atau tidak menjawab.

Secara umum Pasangan NU PASTI unggul di 19 kecamatan. NU PASTI menang telak di 9 kecamatan dengan perolehan suara lebih dari 50% seperti; Soreang, Rancabali, Rancaekek, Pacet, Kertasari, Katapang, Ciwidey, Banjaran dan Cangkuang.

Sedangkan pasangan BEDAS unggul di 12 kecamatan. Perolehan suara di atas 50% diperoleh pasangan ini di 3 kecamatan seperti; Solokan Jeruk, Margahayu dan Arjasari.

Dari 31 kecamatan, pasangan DAHSYAT tak satupun unggul. Hanya di 2 kecamatan, yaitu Pangalengan dan Pasir Jambu perolehan suara DAHSYAT diatas BEDAS.

Pertarungan yang relatif berimbang hanya terjadi di Kecamatan Cileunyi. NU PASTI unggul 37,01%, BEDAS 29,13% dan DAHSYAT 22,83%. Sebanyak 11,02% merahasiakan pilihannya.

Sementara itu pertarungan sengit antara NU PASTI dan BEDAS terjadi di Kecamatan Baleendah. Sebagaimana kita ketahui Baleendah merupakan kecamatan dengan DPT tertinggi di Kabupaten Bandung.

Untuk sementara BEDAS unggul di Baleendah dengan 40%. Diikuti NU PASTI 35%, DAHSYAT 15% dan 10% swing voters.

Dari peta suara di 31 Kecamatan kans terbesar Calon Bupati Bandung yang bakal menang adalah pasangan NU PASTI.

Berdasarkan survei sebelumnya tren suara yang diperoleh NU PASTI relatif stabil. Bila tren ini terjaga sampai hari pencoblosan pasangan NU PASTI yang akan dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bandung periode 2021 – 2026. Kecuali pasangan BEDAS punya strategi dan ‘peluru’ politik untuk merebut swing voters 13,13%.

Strategi dan amunisi politik di 5 hari terakhir tampaknya bakal dimainkan ketiga paslon untuk merebut swing voters 13,13%.

Bandung, 18 Rabiul Tsani 1441/4 Desember 2020

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.