Home Bandung Asli Bapak Suateng, Sang Pendidik Itu Telah Pergi

Bapak Suateng, Sang Pendidik Itu Telah Pergi

108
1
SMA 2 Billiton Bandung. Billiton adalah kata Belanda yang artinya Belitung. SMA 2 Jln.Belitung Bandung, sebelum pindah ke Jalan Champelas/Penulis

BANDUNGHIJI.COM – Innalillahi Wainna Illaihi Rojiun.. Kabar duka menyelimuti dunia pendidikan di Kota Bandung. Sang Tokoh Pendidik yang lahir 14 des 1931 Bapak Suateng berpulang ke Rahmatullah  untuk selamanya. Bapak Suateng Bin Winata meninggal pada Sabtu 3 April 2021, pukul 03.30 Wib, lalu di Bandung.
“Mohon dimaafkan Bila Selama Hidup Almarhum Melakukan Kesalahan. Semoga Almarhum Ayahanda Kami Husnul Khotimah , Diampuni Segala khilaf dan kesalahannya serta mendapatkan tempat yg Paling Mulia disisi ALLAH SWT…Aamiin Yaa Robbal Alamiin.” itulah yang bisa saya sampaikan.

Saya juga ingin sampaikan banyak terimakasih atas perhatian dan supportnya selama Bapak sakit. Tulisan saya juga ini saya sampaikan mungkin banyak generasi yang lebih muda pasti bertanya tanya, di Bandung ada ya, “SMA 2 Billiton” seperti sebuah karangan bunga yang sampai di rumah duka.

Saya ingin sampaikan saat ini, SMA 2 hanya ada di Jalan Ciampelas. Ini ada tertulis SMA 2 Billiton.
Dan kebetulan penulis sebagai anak mantu dari Bapak Suateng, banyak mendapat pertanyaan tentang ini dari saudara/teman2 yang melayat Alm. Pak Suateng.

Foto Pak Suateng tahun 1969/IST

Saya jelaskan bahwa –saya Kang Tya (Setya Dharma)– tahu lengkap tentang SMA 2 Billiton Bandung. Billiton adalah kata Belanda yang artinya Belitung. SMA 2 Jln.Belitung Bandung.
Tepatnya tahun berapanya saya lupa bahwa SMA 2 Belitung resminya pindah Jln.Ciamplas penulis belum mengetahui.

Pastinya ada peristiwa bersejarah “Tahun 1965” …PKI. Sejak itulah SMA 2 berpindah ke Jln.Ciamplas.

SMA 2 Billiton pada masanya adalah SMA negeri yang terbaik di Kota Bandung. Di SMA 2 ini lahir nama tokoh-tokoh seperti Agum Gumelar, Arifin Panigoro dll.

Foto Pak Suateng tahun 2020/IST

Sepengetahuan saya dulu SMA 3 dibawah bayang bayang SMA 2.. SMA 3 juga disebut SMA 2 Vilial. Namun sejak SMA 2 berpindah dari Jln.Belitung ke Jalan Ciampelas. Sejak itu pula SMA 2 tidak pernah bisa dapat menyamakan kwalitas SMA 3 yang sangat terkenal dengan SMA terbaik di kota Bandung, seain itu juga ada SMA 6 yang dulu sempat di Belitung dan kini sudah di Jalan Pasirkaliki. Khusus SMA 3 bahkan disebut di Indonesia salah satu SMA terbaik sejak SMA 2 berpindah dari Jln.Belitung ke Jalan Ciampelas. Kini di Jalan Belitung selaiun SMA 3 juga ada SMA 5 Bandung

Tokoh sang pendidik Pak Sauteng adalah lulusan perkuliahan Matematik IKIP Bandung. Jurusan Matematik IKIP Bandung adalah pelopor Matematika ITB dan UNPAD. Pak Suateng  begitu lulus mengajar di SMA Negeri dan juga mengajar Matrikulasi di ITB sekitar tahun 1973.

Pak Suateng adalah sangat kuat mendedikasinya dirinya untuk mengajar Matematik sungguh hebat sekali. Sebagai pendidik ia tidak pernah menjabat posisi apapun selain pengajar, jabata tertinggi hanya pernah menjadi Bendahara Sekolah, itupun tanpa meninggalkan mengajarnya. Selamat jalan sang pendidik dan tokoh pengajar…..

Sebuah Dedikasi dari Setya Dharma, Anak Mantu dari Bapak Suateng

Comments

comments

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.