Beranda Bandung Asli TKN Cimenyan dan Puppet Aplikasi

TKN Cimenyan dan Puppet Aplikasi

67
0

BANDUNGHIJI.COM — Pengabdian kepada masyarakat ini mengarah kepada pengembangan media pembelajaran bagi tenaga pengajar anak usia dini (4 sd 6 tahun).

Pengabdian ini berlokasi di TKN Cimenyan Jl. Ters. Padasuka Atas Kamp. Cicaheum Rt 04 Rw 05 Desa Cimenyan Kec.Cimenyan Kabupaten Bandung Jawa Barat. Target peserta pelatihan mencakup para tenaga pengajar TKN Cimenyan, Media pembelajaran yang akan dikembangkan melalui penggunaan atau pembuatan boneka puppet dari aplikasi kain perca yang belum pernah dikembangkan di sekolah TKN Cimenyan.

“Melalui pelatihan ini diharapkan dapat menambah wawasan para pengajar terkait media pembelajaran Anak Usia Dini dan untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini,” ujar Anissa Fitria dan Wuri Handayani yang melakukan kegiatan pelatihan ini.

Sejumlah tahap dilakukan. Tahapan awal atau pengumpulan data mengenai situasi sekolah TKN Cimenyan atau lokasi mitra meliputi situasi kelas, keadaan sekolah dan bagaimana kondisi media pembelajaran para siswa yang berada di TKN Cimenyan. Selanjutnya tim pengusul melakukan seminar sebagai bentuk pengenalan boneka puppet dan kain perca sebagai materi baru media pembelajaran, dan workshop atau pelatihan dengan target yang diharapkan para pengajar TKN Cimenyan mampu menghasilkan media pembelajaran baru, dan pelatihan ini diharapkan dapat berkontribusi pada penggalian dan pengembangan pemanfaatan perca kain dengan tujuan mengurangi sampah kain.

“Pendidikan usia dini diyakini menjadi dasar bagi penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas di masa yang akan datang. Oleh karena itu Pendidikan usia dini harus dirancang dengan seksama dengan memperlihatkan perkembangan anak, perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi serta budaya yang berkembang.” katanya.

Prinsip tersebut mengisyaratkan perlunya digunakan media sebagai penyaluran pesan-pesan dan penyajian informasi sehingga informasi yang disampaikan kepada anak usia dini dapat diterima dan diserap anak dengan baik dan akhirnya diharapkan terjadi perubahan-perubahan perilaku berupa kemampuan dalam hal pengetahuan, sikap dan keterampilan dan terjadi perubahan atau peningkatan terhadap kemampuan dasar anak yaitu kemampuan kognitif, bahasa, sosial emosional, dan kemampuan dasar lainnya.

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti, peneliti melihat TKN Cimenyan belum menerapkan pengelolaan media pembelajaran dengan baik, hal ini didukung dengan hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan salah satu guru TKN Cimenyan, bahwa di TKN Cimenyan media yang digunakan dalam pembelajaran belum dapat menarik perhatian anak,” jelasnya.

                           

(a)

(b)

(c)

Gambar 1.  Lokasi TKN Cimenyan

(a) Bangunan Sekolah TKN Cimenyan tampak depan
(b) Bangunan Sekolah TKN Cimenyan tampak samping
(c) Sarana Bermain Siswa Siswi TKN Cimenyan

Berangkat dari permasalahan di atas perlu adanya perhatian terhadap pengelolaan media pembelajaran sehingga anak tertarik untuk belajar. Oleh karena itu guru dituntut mampu mengelola media yang akan digunakan dalam proses pembelajaran dan mampu mengembangkan media pembelajaran bagi siswa. Berdasarkan latar belakang dan masalah di atas maka peneliti tertarik untuk melaksanakan “Pelatihan Pembuatan Boneka Puppet Tema Profesi Dengan Aplikasi Perca Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini Untuk Tenaga Pengajar  Di TKN Cimenyan Kabupaten Bandung Jawa Barat”, dengan menitikberatkan pada bagaimana pembuatan media pembelajaran anak usia dini di TKN Cimenyan melalui boneka puppet aplikasi kain perca dan apa dampak pengembangan media pembelajaran untuk para tenaga pengajar dan siswa TKN Cimenyan.

TKN Cimenyan, didirikan pada bulan Juli 2021 dengan lokasi Jln. Terusan Padasuka Cimenyan dengan memiliki luas bangunan 150 M2 saat ini memiliki 2 ruang belajar, 1 ruang kepala sekolah, 2 kamar mandi dan 1 ruang dapur, sebagai lembaga pendidikan TKN Cimenyan memiliki visi mewujudkan anak-anak yang cerdas, sehat ceria dan bertakwa berakhlak mulia serta memiliki misi memberikan pengasuhan, layanan pendidikan bagi anak usia dini, membentuk karakter dan berkepribadian mandiri serta meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap pelayanan PAUD.

Kemudian tujuan TKN Cimenyanadalah untuk membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis dan fisik yang meliputi moral dan nilainilai agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik/motorik, kemandirian dan seni untuk siap memasuki pendidikan dasar, maka dengan keterbatasan sarana dan prasarana sangat penting diperlukan pengembangan media pembelajaran sebagai solusi permasalahan yang ada di lapangan, media yang digunakan belum dapat menarik perhatian anak usia dini secara maksimal, keterbatasan media pembelajaran disebabkan oleh kurangnya pemeliharaan terhadap media yang tersedia dan sumber pengadaan media di TKN Cimenyan yang sangat terbatas.

Boneka puppet akan dibentuk sedemikian rupa dengan tema boneka profesi, boneka profesi dipilih sebagai sarana pengenalan para siswa TKN Cimenyan terhadap dunia profesi, profesi adalah jenis pekerjaan yang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan khusus dari suatu badan pembelajaran yang diakui oleh publik.

“Suatu profesi dipersiapkan untuk menerapkan pengetahuan di bidang tertentu dan melatih keterampilan tersebut untuk kepentingan orang lain. Seseorang yang memiliki profesi di bidang tertentu disebut dengan profesional atau orang yang ahli di bidang tertentu, untuk itu pelatihan membuat media pembelajaran melalui boneka profesi dirasakan sangat tepat untuk merangsang imajinasi, kreativitas dan pengetahuan siswa TKN Cimenyan,” ungkapnya. 

(a)
(b)
(c)

Gambar 2. (a) (b) Boneka Puppet (c) Perca kain

Sumber: Dokumentasi Peneliti

Target dan luaran dari program PKM yang dilakukan ini yang meliputi pelatihan/workshop kepada tenaga pengajar TKN Cimenyan, dengan tujuan agar peserta pelatihan dapat memiliki pengetahuan yang cukup untuk mengenal bentuk baru media pembelajaran. Para peserta juga mampu dan mau mempelajari lebih dalam keragaman media pembelajaran untuk usia dini untuk mempermudah pengguna dalam proses belajar mengajar dan sebagai alat atau sarana yang digunakan untuk menyebar luaskan informasi. Media pembelajaran yang menyenangkan bagi anak akan membantu proses pembelajaran yang dapat memberikan pemahaman bagi anak usia dini.Tahap Awal ( Pengenalan Media Pembelajaran )

(a)

(b)

(c)

Gambar 3. (a) (b) (c)

Proses Pengenalan dan Pembelajaran Melalui Modul

Sumber: Dokumentasi Peneliti

    2.   Tahapan Pelatihan/Workshop

a. Memperkenalkan Alat dan Bahan pembuatan Boneka
b. Membuat Pola Batok Kepala, Badan, Kaki, Tangan Boneka
c. Memulai Langkap Kerja
1) Menyiapkan Spon
2) Membuat batok Kepala, Kaki, Tangan dan Badan
3) Membuat/menjahit Lapisan dengan Kain
4) Memasukan Busa/Silikon
d. Membuat Pola Baju Sesuai dengan profesi dari kain perca
e. Tahapan Akhir

(a)

(b)

(c)

(d)

(f)(g)(h)

Gambar 4. (a) (b) (c) (d) (e) (f) (h)

Proses Pelatihan/workshop Pembuatan Boneka Puppet

Sumber: Dokumentasi Peneliti

3. Hasil Akhir

(a)

(b)

(c)

Gambar 5.

(a) Boneka Puppet Profesi, (b) (c) Baju boneka dariperca kaos yang sudah jadi

Sumber: Dokumentasi Peneliti

Hasil akhir dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah boneka puppet dari bahan spon dan baju profesi yang terbuat dari bahan perca kaos yang dapat dibongkar pasang dengan tujuan dapat dilakukan lagi pembuatan baju boneka dengan tema lainnya. (AND)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.